Mercusuar Tanjung Saronggi Sumenep, another Mercusuar in Madura

mercusuar-tanjung-saronggi-sumenep

Temenku pernah ngirimin foto via bbm hasil screenshoot dari instagram. Sebuah foto yang menggambarkan beberapa orang sedang selfie di atas mercusuar dengan latar lautan luas. Ingatanku langsung tertuju pada Mercusuar Sembilangan yang ada di Bangkalan. Aku pernah ke sana waktu awal-awal kuliah. “Menara Suar Tanjung, Saronggi”, begitu yang tertera di keterangan lokasi foto tersebut. Itu artinya ada mercusuar lain selain mercusuar Sembilangan di Bangkalan. Aku langsung tertarik buat mengunjungi Mercusuar Tanjung Sarongggi, Sumenep ini karena letaknya tidak terlalu jauh. Langsung deh searching rute lalu cus.

Rute menuju Mercusuar Tanjung, Saronggi, Sumenep

Tidak terlalu sulit untuk menuju Mercusuar Tanjung di Saronggi. Dari Pamekasan kita naik motor lurus ke arah Sumenep dan belok kanan di pertigaan Saronggi (sebelum masuk Sumenep Kota). Jalanannya beraspal mulus, meski kendaraan yang melintas tidak terlalu ramai jangan khawatir karena rumah-rumah sepanjang jalan lumayan padat. Terus aja lurus sampai ada belokan ke arah selatan. Nyampek situ tempat yang kita tuju tidak terlalu jauh. Nanti ada jalan beraspal tapi tidak terlalu lebar, belok kiri di situ buat masuk ke tempat Mercusuar Tanjung berada. Pelan-pelan ya, kita aja sempat kelewat jalan itu dan nyasar ke tempat yang jalanannya sepi, jarang rumah penduduk, ternyata jalan menuju mercusuar udah terlewati cukup jauh. Langsung deh kita puter balik. Sebenarnya pemandangan tempat kita nyasar lumayan bagus tapi karena sepi kita urung berhenti di situ.

Oh ya, di sepanjang jalan yang kita lewati dari pertigaan Saronggi tampak begitu meriah dengan atribut 17an yang terpasang di setiap rumah. Kita ke sana beberapa hari sebelum hari kemerdekaan tepatnya tanggal 07 Agustus 2016. Sepertinya orang-orang di sini begitu antusias menyambut hari Kemerdekaan Indonesia. Bendera Merah berkibar dimana-mana, kita juga menjumpai beberapa warga melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar mereka.

Yang menarik di Mercusuar Tanjung

Masih agak ragu sih waktu nyampek di jalan masuk tadi karena mercusuarnya gak keliatan. Tertutup dahan-dahan pohon sih. Kita baru benar-benar yakin kalau kita tidak salah jalan saat melihat bangunan berwarna putih tinggi menjulang dengan latar lautan luas. Yes, kita berhasil menemukan tempat yang benar. Masuk ke Area Mercusuar kita membayar parkir sebesar Rp. 3.000. Ada beberapa bangunan kosong di dekat mercusuar, entah tempat apa. Cuaca di sini sangat panas, hanya ada satu pohon besar tak jauh dari mercusuar yang menjadi satu-satunya tempat untuk bernaung dari terik matahari. Di bawahnya ada tangga untuk menuju pantai dengan kontur hamparan batu karang.

mercusuar-tanjung-saronggi-sumenep

Tangga di bawah pohon besar buat turun ke Pantai berkontur karang

Satu hal yang mencuri perhatianku tentunya pengunjung yang lain juga yaitu sebuah batu karang yang paling besar dan lebih tinggi dari hamparan batu karang lainnya. Ini menjadi spot paling asyik buat foto, buat nambahin postingan di instagram. Berada di atas batu itu serasa berada di atas tebing saat air laut mulai pasang. Airnya jernih, kita bisa melihat hamparan karang dengan sangat jelas.

mercusuar-tanjung-saronggi-sumenep14789589477771478667457327

 

 

 

 

mercusuar-tanjung-saronggi-sumenep

Hamparan batu karang dengan air yang jernih

Cukup banyak pengunjung yang datang ke sini. Rata-rata anak muda yang datang bareng pasangannya ataupun dengan teman-teman mereka. Menurutku tempat ini sangat potensial dijadikan tempat wisata jika dikelola dengan baik. Sebuah mercusuar yang memiliki nilai sejarah berada di pinggir pantai memiliki daya tarik tersendiri. Waktu kita ke sana belum ada warung buat membeli makan atau sekedar camilan dan minuman, kamar mandi juga kayaknya gak ada.

Sayangnya kita gak bisa masuk dan naik ke atas mercusuar karena pintunya dikunci. Padahal pengen banget foto di atas mercusuar seperti di foto yang dikirim temenku. Ya sudahlah kita cukup berpuas melihat mercusuar dari ini dari bawah saja. Kita gak terlalu lama di Mercusuar Tanjung Saronggi karena masih akan melanjutkan perjalanan ke  Pantai Toraja di Dungkek Sumenep. Ceritanya udah aku posting juga di sini.

Iklan

4 thoughts on “Mercusuar Tanjung Saronggi Sumenep, another Mercusuar in Madura

  1. Dari dulu saya suka penasaran dengan mercu suar itu kayak apa sih aslinya. Soalnya waktu kecil suka baca cerita2 detektif cilik yang ngambil settingnya di pulau dan mercu suar sebagai petunjuk arah. .

    • Bangunannya khas kolonial Mbak berwarna putih tinggi menjulang gitu. Sayang aja pintunya gak kebuka, biasanya kita bisa naik tangganya sampai ke puncak paling atas. Dari atas pemandangan terlihat lebih indah. kalau jaman dulu sepertinya fungsinya buat tempat pemantauan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s