Jejak Rindu di Kampus tercinta, Universitas Trunojoyo Madura

Assalamualaikum para pembaca setia (opening ala-ala dodit-komika). Hey kamu, Iya kamu, mantan anak kampus (masih ala Dodit). Kalau udah lama lulus dari kampus pasti kangen deh jadi mahasiswa, hehe. Mahasiswa adalah status yang paling keren. Masa-masa paling aman. Masa dimana teror pertanyaan “Kerja dimana” dan “Kapan nikah” belum berlaku, eh.

Aku nih beberapa waktu lalu berkesempatan menyambangi kampus tercinta. Adekku kan baru lulus SBMPTN Universitas Trunojoyo Madura (UTM), aku menemaninya daftar ulang. Seneng banget melihat kembali wajah kampus tempat aku menimba ilmu dahulu. Anggap saja ini liburan yang tak biasa, nostalgia di kampus tercinta. Universitas Trunojoyo Madura terletak di Bangkalan, 5 KM dari pelabuhan Kamal. Kita naik motor dari Pamekasan sekitar 2-3 jam perjalanan. Melewati Kabupaten Sampang dan beberapa pasar kecamatan di bangkalan yang selalu macet. Mulai dari Pasar Blega, Pasar Galis, Pasar Tanah Merah, sampai Pasar Patemon.

Waktu pertama nyampek di pertigaan jalan raya menuju kampus aku melihat ada banyak sekali yang berubah. Gapura yang bertulisakan Universitas Trunojoyo Madura tidak lagi terlihat. Jalanannya semakin lebar. Bangunan-bangunan di sepanjang jalan semakin subur bak jamur di musim penghujan. Bangunan yang dulunya kita temui sepanjang hari banyak yang sudah tak terlihat, beberapa ada yang direnovasi.

Di dekat pintu masuk kampus ada bangunan megah bernuansa putih yang masih baru. Di masaku bangunan ini belum ada, di sinilah si adek akan daftar ulang, namanya gedung pertemuan. Sementara Adek daftar ulang aku menunggu di kursi yang memang disediakan untuk para pengantar. Aku duduk di sebelah cewek yang juga sedang menunggu temannya daftar ulang. Namanya Esty dari Nganjuk, dia baru pertama kali ke Madura. Anaknya asyik, meski baru lulus SMA tapi nyambung banget diajak ngobrol topik apapun terutama tentang pariwisata di Madura. Waktu aku kasih lihat foto-fotoku di Gili Iyang wajah lembutnya terlihat antusias. Menunggu jadi gak terasa karena ngobrol sama anak ini, tahu-tahu adekku udah selesai daftar ulang.

Berada di tengah-tengah calon mahasiswa baru (maba) jadi berasa maba lagi. Muka-muka gini masih cocok kan kalau ngaku-ngaku jadi maba, hehe. Jadi kangen masa-masa kuliah. Kangen temen-temen seangkatan dan suasana saat ngampus. Untuk mengobati rasa kangen aku berkeliling area kampus melihat-lihat gedung dan jalan-jalan di dalam kampus yang menyimpan banyak sekali kenangan.

Kantor Pusat

universitas-trunojoyo-madura

Kantor Pusat Universitas Trunojoyo Madura

Gedung tinggi berlantai 10 yang didominasi warna biru ini baru beroperasi sekitar 1 smester sebelum aku lulus. Palingan aku ke sini buat mengurus beberapa persyaratan untuk wisuda seperti minta tanda tangan Dekan dan mengambil ijazah. Sekarang sudah ada taman di depan gedung yang didominasi warna hijau. Tempat asyik buat bersantai di sela-sela jam kuliah. Aku terakhir ke sini kalau gak salah sekitar akhir 2015 pas hari minggu ada banyak mahasiswa lagi jogging. Beberapa mahasiwa juga memanfaatkan taman ini melakukan kegiatan bersama kelompoknya.

Masjid Nurur Rohman

universitas-trunojoyo-madura

Masjid kampus menjadi tempat paling nyaman untuk shalat. Aku lebih suka shalat di sini sekalipun di gedung fakultas ada mushola. Di sini lebih leluasa karena tempat cowok dan cewek terpisah. Jika jadwal kuliah menuntut seharian di kampus aku rela jalan kaki agak jauh buat ke sini, abis shalat bisa istirahat sebentar untuk menunggu jeda jam kuliah berikutnya. Masjid Nurur Rohman direnovasi pas aku memasuki smester akhir. Aktifitas masjid sementara dipindahkan ke Gedung Student Center (GSC) yang tak begitu jauh dari masjid. Bagian yang direnovasi adalah kamar mandi dan penambahan teras menjadi semakin luas.

Gedung Cakra

Gedung lima lantai yang berfungsi sebagai gedung serba guna, tempat aku diwisuda September 2013 lalu.. Aku selalu mengusahakan ke gedung ini bersama teman, karena aku paling takut naik lift sendirian. Bayangin aja kalau tiba-tiba liftnya mati pas aku sendirian di dalamnya. Mengerikan banget kan, hi… Perpustakaan kampus di pindah ke gedung ini kalau gak salah ada di lantai 3. Begitu juga dengan lab bahasa, kalau mau tes toefl ya di sini.

Ruang Kuliah Bersama (RKB)

Awal-awal masuk kuliah ruang kelas yang kita pakai lebih banyak di gedung Fakultas Ekonomi. Paling cuma satu atau dua mata kuliah yang kelasnya di RKB. Paling males kalau udah dapet kelas di RKB apalagi kalau jadwal kuliah siang. Dari gerbang kampus sampai Fakultas Ekonomi masih enak jalan kaki karena rindang, banyak pohon-pohon menaungi sepanjang jalan. Lepas dari fakultas ekonomi ini, ya udah yassalam. Nyampek RKB udah ngos-ngosan banjir keringat pula.

Lokasinya berada di bagian paling belakang area kampus, jauh banget dari pintu masuk tapi dekat dengan kantor pusat. Bangunan gedung RKB terus bertambah mulai dari RKB A sampai RKB F. Entah sekarang sampai RKB abjad apa.

Gedung Perpustakaan (lama)

universitas-trunojoyo-madura

Melihat gedung lama perpustakaan aku jadi ingat saat pertama membuat kartu perpus. Mahasiswa baru wajib punya kartu perpustakaan supaya dapat mengakses koleksi buku-buku yang ada di dalamnya. Kalau ada tugas nyari referensinya ya ke sini, kadang juga ngerjain tugas berkelompok di sini. banyak kenangan di sini apalagi pas mau menyusun skripsi jadi lebih sering ke perpus buat nyari inspirasi, hehe. Dari nyari-nyari referensi judul skripsi sampai referensi penelitian yang dipakai nyarinya ya di perpus.

Asyiknya lagi di perpus ada tempat fotocopyan yang murah dan penjaganya ramah. Jadi gak usah jauh-jauh keluar kampus buat fotocopy atau ngeprint tugas. Masih di dekat pintu masuk perpus ada kantin kecilnya juga. Kalau merasa lapar bisa beli camilan dulu. Sayangnya pas aku mau lulus perpustakaan dipindah ke gedung cakra. Padahal lokasinya strategis, berada di simpang lima arah menuju Kopma, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Kantor Pusat lama.

Kopma

universitas-trunojoyo-madura

Kopma atau Koperasi Mahasiswa di sini juga ada kantin yang menyediakan berbagai macam menu makanan dan camilan. Aku sih jarang banget makan ataupun nongkrong di sini. Paling sering aku ke sini beli gorengan yang jadi favorit aku banget. Kalau ditanya apa yang paling aku rindukan dari kampus ya gorengan kopma ini.

Biasanya kalau lagi ada jeda jam kuliah dan mepet untuk pulang ke kos aku sama Fifi beli gorengan lalu makannya di masjid sambil ngobrol-ngobrol sekalian shalat setelahnya. Untungnya pas aku ke sini kopma sedang buka dan ada gorengaaaan. Ada tahu goreng, tempe goreng, dan ote-ote dengan petis hitam dilengkapi cabe hijau. Gorengannya sih biasa aja sama seperti di tempat lain tapi rasanya itu loh yang bikin kangen.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

universitas-trunojoyo-madura

Fakultas Ekonomi dan Bisnis paling rame kalau lagi daftar ulang smester. Semua anak ekonomi tumpah ruah di sini buat ngurus KHS, KRS dan agenda daftar ulang lainnya. Gedung fakultas ini terdiri dari 2 lantai. Lantai satu adalah ruang Tata Usaha dan ruang para Dekan, juga ruang rapat. Lantai 2 adalah ruangan para dosen dan ruang komputer yang bisa dipakai pas mata kuliah Aplikasi Komputer (Aplikom). Ada kantin kejujuran di pojok ruangan dosen. Namanya kantin kejujuran kalau mau beli tinggal ambil dan uangnya taruh di tempat yang sudah disediakan. Jajanan favorit aku tahu bulat yang pada masa itu belum ada di tempat lain. Belum ada yang jualan pakek mobil dengan lagunya “Tahu bulat, digoreng dadakan, Enyooooiiii Enyooooiiii…” Apa sih, balik lagi ke gedung Fakultas Ekonomi.

Yang paling tak terlupakan di Fakultas Ekonomi yaitu pas akhir smester kalau lagi nunggu dosen buat bimbingan skripsi dan minta tanda tangan. Tahu sendiri lah ya kalau nunggu dosen itu butuh kesabaran tingkat dewa. Beruntung kalau ketemu sama temen yang punya tujuan sama dengan kita. Ada hikmahnya juga sih pas nunggu dosen ini, bisa ngumpul-ngumpul sama temen yang udah jarang ketemu di kampus. Gedung ini jadi saksi sejarah perjuangan 4 tahun menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura. Di gedung rapat lantai satu aku menjalani proses paling mendebarkan bagi mahasiswa yaitu sidang skripsi. Alhamdulillah tak banyak kendala yang kuhadapi saat sidang dan lulus dengan nilai seperti yang kuharapkan.

Selain kangen kampus masih ada banyak hal yang kurindukan di jaman-jaman kuliah. Kangen temen-temen kos, kangen Bu Brot tetangga sebelah kos pemilik toko klontong tempat kita membeli beberapa keperluan sehari-hari. Kangen juga nasi goreng di pertigaan gang, bakso keliling yang kripik gorengannya enak, pentol keliling, kangen metik buah kersen di pangkalan becak, kangen naik becak ke kampus, huhu.

Kangen makanan di warung Wisty yang ada di dekat Masjid Telang, kangen sama ayam krisy dan terong baladonya. Sayangnya pas aku ke sana warungnya tutup, hiks. Ada lagi satu warung tempat favorit buat beli makan yaitu di Gatel (gang telu) juga tutup. Udah muter-muter nyari makan di tempat dimana dulu kita biasa beli makan juga tutup.

“Makan di Sinjay aja!” usul adekku.

“Ya sudah, ayok!”

universitas-trunojoyo-madura

Jadilah kita makan di warung bebek paling fenomenal di Madura, Bebek Sinjay. Kalau yang ini tidak termasuk makanan khas waktu kuliah ya. Meski tempatnya sama-sama di Bangkalan tapi waktu itu belum tejangkau sama kantong mahasiswa macam aku, haha.

Karena pulang dari UTM agak siang aku menyempatkan untuk mampir ke rumah Fifi, temen aku waktu kuliah. Temen yang udah kayak saudara. Bagaimana tidak, dia itu teman sekelas, teman kos, juga teman sekamar. Jadi selama di kampus hidup mati ya sama Fifi. Udah lama juga gak ketemu sama Fifi jadi seneng banget pas ketemu dia meski cuma sebentar. Biasa kalau udah ketemu cerita beberapa hal dan yang pasti nostalgia masa-masa di kampus, hehe.

 

Tinggalkan Balasan

